Skip to content

Tips for making the basic Cabochon

January 23, 2012

Sebelum diberi hiasan di tepinya, Bros Cabochon akan tampak seperti ini.

The basic Cabochon, before it is decorated on its edge will look like this.

Sebagaimana yang terlihat, ada 2 macam mote yang digunakan, mote no 13 (yang hijau) dan mote nomor 15 (yang putih).

Dalam pembuatan basic cabochon ini ada kami tidak menggunakan lem sedikitpun. Hanya sedikit double-tape untuk sekedar menjaga posisi head ditengah. Kekuatan ikatan cabochon ini tergantung pada kuatnya ikatan mote yang mengelilinginnya. Pada basic cabochon ini ada 4 lapis jahitan. Lapisan pertama adalah brick stich yang istimewanya dibuat paling akhir untuk merapikan jahitan. Lapisan kedua dan ketiga menggunakan beads no. 13.

Tips:

Pada lapis kedua, yang dibuat pertama kali saat kita membuat cabochon, pilihlah beads yang berukuran besar. Jika anda amati, seakurat apapun ukuran beads yang anda miliki, jika anda amati dengan seksama, akan ada beberapa beads yang berukuran lebih besar atau lebih kecil. Nah supaya ikatan jahitan anda kuat, gunakan beads yang berukuran lebih besar.

Nah, pada lapisan diatasnya, pilihlah dengan seksama beads yang berukuran lebih kecil. Hal ini agar ikatan lapis kedua ini akan mulai mengikat head cabochon presisi ditempatnya.

Saat anda mulai melakukan jahitan lapis kedua ini, usahakan untuk melakukannya diatas meja atau alas yang rata, karena anda perlu menarik jahitan anda dengan kuat. Kuat, untuk membuat beads anda tidak berubah tempat, namun tidak terlalu kuat sehingga benang anda tidak keriting atau bahkan putus.

Berikut adalah contoh lain namun dengan ukuran bead yang lebih besar. Beads yang seperti ini agak lebih mudah disusun karena ukurannya sangat tidak seragam. Ini biasanya beads buatan Indonesia atau Cina. Beads yang relatif susah untuk disusun itu biasanya yang buatan Jepang atau Taiwan karena ukuran mereka stabil. Tapi selalu ada kok yang ukurannya beda.

Memilih ukuran beads ini memang agak merepotkan, namun hasilnya sungguh memuaskan.

Nah, jika anda mengalami kesulitan untuk menyusun beads karena ada beberapa beads yang harus di-skip, anda bisa membuat cabochon dengan susunan beads yang seperti ini. Agak merepotkan memang, namun sangat membantu bagi anda yang baru belajar membuat bros cabochon.

Mohon bersabar sedikit lagi jika anda berniat mempelajari bagaimana cara membuat bros cabochon ini. Saya sedang mencari ukuran video yang pas. :)

About these ads

From → How to...

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: