Skip to content

Alat dan Bahan untuk Membuat Beaded Cabochon

January 15, 2012

Kalau kita mau membuat beaded Cabochon, yang pasti kita memerlukan beads alias  mote. Nah yang kita butuhkan biasanya disebut mote pasir. Mote pasir itu ada berbagai ukuran. Ukuran yang biasa kita gunakan itu mote pasir no 13. dan no. 15. Mote nomor 13 itu adalah mote pasir yang paling umum dijual dipasaran (digambar samping warnanya biru). Mote nomor 15 itu mote pasir yang ukurannya lebih kecil (digambar samping warnanya hijau). Mote ini berguna untuk mengunci Cabochon untuk tetap ditempatnya. Sebenarnya jika anda tidak memiliki mote jenis ini juga ga masalah.

Nanti akan kami jelaskan cara mensiasati cabochon anda agar hasilnya tetap secantik dan sekokoh cabochon yang menggunakan mote no. 15 ini.

Sebenarnya kedua mote pasir ini adalah bahan dasar untuk membuat beaded cabochon. Namun jika ada, anda bisa juga menambah hiasan dengan menggunakan mote yang berukuran lebih besar (digambar adalah mote yang terletak paling kiri) atau mutiara (yang ada di sebelah bawah). Kedua jenis tambahan ini saya gunakan untuk membuat Cabochon tipe Bunga 1.

Setelah bahan dasar yang berupa mote tadi, ada lagi bahan dan alat yang akan anda butuhkan. Alat yang akan anda butuhkan adalah jarum dan gunting. Jarum yang anda butuhkan bukan jarum biasa, karena ukuran lubang mote yang kecil. Jarum yang anda butuhkan biasa disebut jarum payet. Kalau yang saya gunakan biasanya jarum dengan merek biasa (yang bungkusnya hijau tua) namun nomor 11 atau 12.

Nah, selain itu ada lagi bahan yang anda butuhkan. Yang pertama adalah kain keras. Kain ini kita gunakan untuk melakukan jahitan awal. Jadi batu Cabochon itu dijahit diatas kain keras ini. Jika anda belum kenal kain keras, kain ini biasa digunakan tukang jahit untuk membentuk kerah baju. Selain kain keras, kain lain yang akan anda butuhkan adalah kain suede digambar samping warna coklat). Kain ini berfungsi untuk melapis alas Cabochon. Kenapa kita gunakan kain suede? Karena teksturnya seperti kulit. Anda mungkin akan menemui kesulitan untuk menemukan kain jenis ini ditoko kain, karena kain ini biasa digunakan untuk pelapis sofa.

Setelah itu anda akan membutuhkan benang nilon. Ada yang bilang pakai senar pancing biasa juga bisa (tapi yang berukuran kecil), tapi hati-hati, karena akan sering tergesek payet, senar pancing biasanya lebih getas dibandingkan benang nilon yang memang khusus untuk kegiatan ini. Benang nylon yang saya gunakan juga bukan sembarang benang nilon, karena harus disesuaikan dengan ukuran lubang payet yang kita gunakan. Saya biasa menggunakan benang no. 2,0. Saya pernah membeli benang no 2,5. Hanya selisih 0,5 mm, tapi…. benar2 nggak bisa dipakai. Benangnya terlalu besar untuk jarum payet. Jadi pastikan ukurannya sebelum anda membeli benang nilonnya, Ok.

Kemudian, anda juga akan membutuhkan peniti bros. Saya lupa mengambil gambar peniti ini, tapi thanks to http://www.rumahcraft.com karena saya meminjam gambar contoh peniti yang akan kita gunakan disini.

Selain peniti bros, bahan lain yang tidak kalah penting adalah double-tape. Double-tape ini berfungsi sebagai helper. Hanya untuk menjaga agar Cabochon tidak bergeser dari tempatnya. Kita tidak menggunakan lem pada pembuatan kerajinan ini. Cabochon bisa melekat sempurna dengan erat karena  jahitan mote yang kita letakkan dengan cermat disekeliling Cabochon.

Setelah itu bagian terpenting dari sebuah cabochon; yaitu batu cabochonnya. Biasanya beaded cabochon itu menghias batu cabochon. Jika anda tidak memiliki batu cabochon, anda bisa menggunakan kristal jahit (yang tentu saja bukan kristal sebenarnya). Saya menyertakan contoh gambar kristal ini di foto sebelumnya (yang berwarna hijau, oval dan bulat).  Untuk batu cabochonnya, kami telah menyertakan gambarnya dibawah. Batu ini hampir sama dengan batu akik, atasnya cembung dan bawahnya rata. Saya ingat waktu saya benar2 desperate dan ingin membuat Cabochon namun kehabisan batu dan kristal jahit, saya benar2 mendatangi penjual batu akik dan hampir saja membelinya. Hehehe.. Untung suami mengantar ke tempat pasar yang memang menjual batu sejenis ini.

OK, kita review lagi, ya.

Alat : Gunting dan Jarum

Bahan: Kain keras, kain suede, peniti bros, benang nilon no. 0,2, jarum payet, double-tape, mote pasir no. 13 dan 15, dan cabochon yang akan dihias.

So, we’re all set. Kita siap untuk membuatnya.

Oya, iklan, jika anda tidak memiliki alat dan bahannya, anda akan sesalu bisa membeli produk do it yourself yang memang kita sediakan bagi anda yang ingin bertualang membuat kerajinan ini.

   

From → How to...

3 Comments
  1. Mila permalink

    subhanallah…kreatif bangeet Yunaa…

  2. Thanks infonya mba, postingan ini ga disertai tutorial membuatnya sampe selesai mba?? Hee..

    • yunakadarisman permalink

      sedang dalam proses mbak Putri… Insya Allah nanti ada tutorialnya. Tetap mampir ya…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: